Kebijakan dan Sasaran Mutu

Pimpinan menejemen telah menetapkan suatu kebijakan mutu lembaga yang diketahui dan dimengerti oleh seluruh personil SMKN 1 Tapin Selatan, Kebijakan mutu tersebut adalah:

“Untuk memberikan kepuasan pada pelanggan, kami bertekad menerapkan system menejemen mutu ISO 9001 : 2008 agar menjadi lembaga penyelengara pendidikan yang berorientasi mutu pada semua kegiatan”.

  1. Kebijakan mutu di atas kami bangun melalui pilar ACC TO BEST.
    • Comitment (Komitmen). Selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik bagi kepuasan pelanggan dengan mengerjakan semua pekerjaan dengan tuntas.
    • Care (Peduli). Kami menyadari bahwa kepuasan pelanggan akan selalu berubah, dinamis sesuai dengan perkembangan dan kemajuan ilmu dan teknologi.  Oleh karena itu kami akan selalu peduli dan tanggap pada setiap perubahan kebutuhan pelanggan.
    • Togetherness (Kebersamaan). Untuk menciptakan kepuasan pelanggan, profesonalisme dan produktivitas, akan selalu membangun kebersamaan sebagai tim kerja yang solid dan saling mendukung.
    • Brain (Kerja Cerdas). Karena perkembangan ilmu dan teknologi , tentu terjadi juga perubahan akan kebutuhan pelanggan.  Untuk dapat memenuhi kepuasan pelanggan lembaga harus selalu berfikir untuk terus berkembang, berinovasi, dan kreatif untuk mengadakan pembaharuan.
    • Efektif (berdayaguna). Untuk mencapai tujuan diperlukan kesadaran bahwa segala sesuatu harus direncanakan dan kepuasan pelanggan menjadi tujuan utama.
    • Succses (berhasil). Untuk mencapai tujuan memberikan kepuasan pada pelanggan maka setiap pekerjaan dan kepercayaan yang diberikan, harus kami kerjakan dengan sukses/berhasil, menyeluruh dan bermutu.
    • Transparant (terbuka). Kami menyadari bahwa tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepada kami adalah untuk memberikan pelayanan pendidikan dan mengembangkan potensi peserta didik . Oleh karenanya akan selalu bekerja secara terbuka untuk menerima setiap masukan dan kritikan demi kepuasan pelanggan.
  2. Untuk mendukung kebijakan Mutu lembaga pimpinan menejemen telah menetapkan target/sasaran mutu lembagan untuk tahun 2010/2011 sebagai berikut:
    • Kepuasan Pelanggan
      • Tingkat kepuasan peserta diklat pada setiap penyelengaraan pembelajaran 85%.
      • Keluhan siswa pada setiap akhir semester maksimal 15%.
    • Pengajaran
      • Kelengkapan administrasi mengajar dimiliki oleh 95% guru.
      • Setiap guru menghasilkan 1 bahan ajar/modul setiap tahun.
      • Tersusunnya kurikulum yang baku pada tahun 2011.
    • Manajemen
      • Memperoleh sertifikat ISO 9000-2008 dan mempertahankan surviallance audit pada tahun berikutnya.
      • Keterlaksanaan program kerja pada pada masing masing unit sebesar 80%.
    • Lulusan
      • Tingkat kelulusan mencapai 98% pada tahun 2011.
      • Nilai rata-rata mata diklat pada UN 5,75; (matematika, B.Indonesia, B Inggris).
      • Nilai rata-rata uji kompetensi 7,25.
      • Nilai rata-rata Ujian sekolah 6,50.
      • Lulusan terserap DU/DI 30%.
    • Pengembangan SDM
      • Mengadakan pelatihan di sekolah bagi semua guru minimal 1 kali pertahun.
      • Tingkat kehadiran rata-rata staf pengajar per bulan minimal 98%.
  3. Sasaran mutu diatas telah dijabarkan sampai pada tingkat unit kerja yang disepakati oleh unit kerja dan kepala sekolah. Sasaran mutu masing-masing unit tersebut dibuat dalam dokumen tersendiri.
  4. Kebijakan mutu dan sasaran mutu disosialisasikan ke seluruh jajaran organisasi melalui berbagai media seperti menempelkan di tempat tempat strategis dan rapat dinas.
Shares